Pendidikan tidak
berdiri sendiri akan tetapi senatiasa dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan
politik, sosial, ekonomi, kultural. Sering pendidikan bahkan dipandang sebagai
alat politik untuk mengatur dan menguasai perkembangan suatu bangsa, walaupun
politik sendiri tidak lepas dari pengaruh sosial, ekonomi dan budaya.
Pada zaman VOC orang
Belanda mendirikan sekolah untuk menyebarluaskan agama mereka. Akan tetapi
kegiatan misi ini hanya terbatas pada daerah-daerah yang telah menerima agama
Katolik atau usaha orang Portugis. Sebaliknya mereka enggan menyebarkan
agamanya di kalangan orang beragama Islam, takut kalau-kalau akan merugika
perdagangannya. Tampaknya mereka hanya ingin meniadakan pengaruh Portugis.
Pertimbangan politik dan ekonomi rupanya lebih penting daripada motif religius
dalam usaha penyebaran agama mereka. Semangat menyebarkan agama itu segera
padam setelah agama Kalolik lenyap dari kepulauan ini dengan demikian
pendidikan mengalami kemerosotan total sewaktu VOC dibubarkan pada tahun 1799.
Pendidikan untuk
tujuan sekuler baru timbul sekitar pertengahan abad ke-19 dengan alasan dan
tujuan praktis untuk mendukung kepentingan komersial. Namun di kalangan orang
Belanda sendiri ada sejumlah individu yang bercita-cita tinggi khususnya mereka
yang mempunyai pandangan liberal dan
menganut Politik Etis yang memandang
pendidikan sebagai alat untuk memajukan kesejahteraan spritual-material bangsa Indonesia
sendiri. Bahkan ada yang tidak ragu-ragu mendidik bangsa Indonesia untk mencapai kematangan
politik dan akhirnya kemerdekaan politik. Walaupun bangsa Indonesia menerima tanggung jawab moral untuk
memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia,
namun suatu koloni masih terlampau banyak dipandang sebagai objek yang harus
dieksploitasi demi keuntungan negara penjajah sendiri. Sering digunakan
slogan-slogan indah untuk menutupi tujuan kolonilisasi yang sesungguhnya.
Politik Etis hanya dapat berhasil selama mendukung kepentingan
perusahaan-perusahaan besar. Pendidikan selama masa kolonial dijadikan alat
untuk memelihara Pax Neerlandica, suasana
aman damai, serasi bagi pertumbuhan perusahaan-perusahaan Belanda.
Pendidikan yang
diberikan orang Belanda juga mempunyai akibat-akibat yang tidak dimaksud oleh
mereka. Pendidikan tidak selalu memupuk loyalitas terhadap pemerintah Belanda.
Juga penyebarluasan bahasa Belanda tidak menjamin tumbuhnya ikatan erat antara
orang Indonesia
dan Belanda. Sebaliknya perlawanan terhadap Belanda, yang sering berbentuk
organisasi Barat, sering di bawah pimpinan orang yang berpendidikan Barat.
Organisasi seperti Budi Utomo dan Serikat Islam, pada mulanya bertujuan
kultural dan ekonomis, segera terlibat dalam masalah-masalah politik. Tuntutan
mendapat partisipasi yang lebih luas dalam pemerintahan semakin hari semakin
bertambah kuat. Partai-partai, kebanyakan di bawah kemerdekaan Indonesia.
Perkembangan adanya sejumlah pemimpin yang berpendidikan tinggi. Ditinjau dari
segi tertentu, pendidikan yang diberikan oleh Belanda digunakan meronrong
kekuasaan mereka.
Akibat lain yang
tidak diduga sebelumnya ialah timbulnya kehausan dan kesadaran bersekolah di
kalangan bangsa Indonesia
yang menjelma dalam nentuk sekolah partikelir, sekolah swasta yang yang dicap
oleh orang Belanda sebagai wide scholen,
sekolah liar. Diantaranya terdapat Taman Siswa didasarkan atas
prinsip-prinsip nasional dan Muhammadiyah
berdasarkan Islam. Pemerintah Belanda tidak berhasil untuk menghalangi
pertumbuhan sekolah liar ini yang
tidak lama kemudian sekoalh swasta melebihi jumlah sekolah pemerintah. Dengan
memperketat inspeksi penjagaan agar sekolah-sekolah ini jangan menyebarkan
hasil pemikiran yang merugikan pemerintah Belanda. Namun dengan adanya sekolah liar ini, pemerintah tidak dapat
lagi mengontrol produksi orang berpendidikan Barat. Ternyata pada saat itu
pemerintah Belanda bukan lagi merupakan satu-satunya yang menentukan tujuan
pendidikan.
Mengevaluasi
pendidikan yang diberikan Belanda sebagai keseluruhan bergantung pada pandangan
seseorang. Kita dapat menonjolkan kekurangannya seperti tingginya jumlah buta
huruf, keterbatasan kesempatan belajar pada sekolah berbahasa Belanda, kecilnya
jumlah lulusan perguruan tinggi dari kalangan orang Indonesia, pelaksanaan
pendidikan yang tidak demokratis, monopoli guru Belanda di sekolah menengah dan tinggi, tidak adanya
partisipasi orang Indonesia orang Indonesia dalam pembinaan kurikulum, kontrol
sentral yang ketat, keketatan universitas Belanda dan usaha yang sering
dijalankan pemerintah untuk memperlambat perkembangan pendidikan.
Namun usaha
pendidikan Belanda harus ditinjau pula dalam kerangka hubungan kolonial.
Walaupun pemerintah menerima tanggung jawab moral atas kesejahteraan bangsa Indonesia,
pada dasarnya tanah jajahan dipandang sebagai daerah yang direbut dan diduduki
dan dieksploitasi demi keuntungan penjajah. Apa saja dilakukan untuk
perkembangan daerah ini, termasuk pendidikan selalu bertalian dengan
kepentingan Belanda. Walaupun demikian pendidikan selama penjajahan juga
mempunyai keuntungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa Belanda telah mendirikan
sejumlah sekolah yang bermutu tinggi sama dengan di negeri Belanda.
Sekolah-sekolah yang pada dasarnya didirikan demi kepentingan pemerintah dan
perusahaan Belanda dipandang oleh rakyat sebagai jalan bagi mobilitas sosial.
Elite intelektual lambat laun menyampingkan elite tradisional feodal. Berkat
pendidikan ini banyak telah menerobos halangan-halangan sosial. Sekolah Bahasa
Belanda merupakan satu-satunya jalan bagi mobilitas sosial. Bahasa Belanda
membuka pintu ke arah kebudayaan Barat dan menghasilkan perbedaan di antara
berbagai golongan sosial. Pengaruh Barat mendorong pendidikan kaum wanita dan
meratakan jalan ke arah emansipasi wanita. Akan tetapi yang sangat penting
ialah, bahwa sistem pendidikan yang lengkap, yang berkembang terutama dalam
periode 1892-1920, memberikan dasar yang kokoh bagi perkembangan sistem
pendidikan Indonesia modern di kemudian harinya.
Sumber:
Nasution, S. 2001. Sejarah
Pendidikan Indonesia.
Jakarta: Bumi
Aksara
Casino Roll
BalasHapusFor more 스포츠 벳 info on the latest casino games on Roll, you 먹튀탐정 should click here. 바다 이야기 먹튀 We are all on Pokerstars and have 브라 벗기 been working closely with all of the Rating: 3 · Review by Casino Roll 원벳 먹튀